HomeprabowoTeks Asli Undang-Undang Dasar...

Teks Asli Undang-Undang Dasar 1945 – prabowo2024.net

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku 1 Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto]

Saya orang yang berpendapat bahwa masalah ekonomi negara tidak terlalu jauh berbeda dengan mengatur diri sendiri, mengatur rumah tangga, dan mengatur perusahaan.
Coba bayangkan kalau kita bekerja, tapi tidak jelas tabungan kita ada di mana? Kan kita jadinya tidak bisa apa-apa? Anda bekerja, umpamanya, tiap bulan. Anda digaji, tapi sebagian dari gaji Anda tidak boleh Anda gunakan, tidak boleh untuk menabung. Maka Anda tidak tidak bisa berbuat banyak.
Pasal 33 Undang-undang Dasar ’45 dirumuskan oleh para pendiri bangsa kita untuk memastikan negara kita punya tabungan yang cukup untuk membangun.
Selama pasal 33 Undang-undang Dasar ’45 tidak kita patuhi, selama itu kekayaan kita akan terus mengalir ke luar negeri. Selama itu mata uang kita tidak akan kuat, dan selama itu ekonomi kita akan menjadi bancakan bangsa lain.
Ini yang harus kita ubah. Ini yang harus kita perbaiki. “Bumi, air dan semua kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara, dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat”. Itu adalah perintah Undang- undang Dasar ’45.
Namun, itu yang banyak elite Indonesia pura-pura tidak baca. Ada juga orang-orang pintar di Indonesia pura-pura tidak tahu tentang Undang-undang Dasar ’45. Mereka mengatakan pasal 33 ini kuno, sudah kedaluwarsa, tidak penting. Sebagian juga mengatakan, “sekarang yang penting adalah persaingan bebas, pasar bebas, globalisasi”. Semua serahkan ke pasar. Nanti, yang kaya sedikit, tapi dia akan meneteskan ke bawah kekayaannya. Trickle down impact. Netes, netes, netes.
Benar ada yang menetes, tapi mohon maaf, mungkin kita semua sudah mati baru sampai turun ke bawah.
Selain itu, kalau saya bicara UUD 1945 Pasal 33, seringkali saya diledek. Bahkan ada yang mengatakan, “Prabowo bahaya. Prabowo nanti akan nasionalisasi. Semua milik orang kaya akan diambil.”
Anggapan tersebut tidak benar. Yang saya mau adalah, kita besarkan ekonomi kita, dan ekonomi dibagi lebih rata. Jangan 1% yang kuat menguasai semua. Jangan asing menguasai semua.
Yang kuat, monggo, maju kamu. Negara angkat yang kurang kuat.
Prinsip saya adalah reside and let reside. Hidup dan jadikan orang lain hidup. Jangan reside for yourself. Jangan zero sum sport. Jangan I win, you lose.
Prinsip saya, saya menang, kamu juga menang. Kita menang. Win-win, itu yang saya mau, dan itu prinsip yang terkandung di UUD 1945 Pasal 33, Ayat 1 hingga Ayat 3.
Pasal 33 sangat jelas. Ayat 1. “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan”.
Jadi, ini dasar. Kita tidak boleh punya pendapat yang kuat tambah kuat, yang tidak kuat terserah. Pendapat seperti itu bukan Pancasila, bukan cita-cita pendiri bangsa kita.
Sesuai Ayat 1, yang ekonominya kuat harus tarik yang lemah. Pemerintah harus jadi pelopor, bukan wasit. Pemerintah harus di depan untuk menjaga kekayaan negara. Kalau rakyat masih miskin, pemerintah harus ikut bertanggung jawab untuk memperbaiki keadaan. Ini adalah perintah Undang-Undang Dasar ’45.
Ayat 2, “Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara”. Ini perintah konstitusi Republik Indonesia.
Ayat 3, “Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.” Ini bukan maunya Prabowo, ini perintah Undang-undang Dasar kita.
Saat ini, elite Indonesia banyak meninggalkan nilai-nilai Undang-undang Dasar ’45. Meninggalkan nilai-nilai Pancasila.
Pancasila dipakai di mulut, tetapi tidak dijalankan. Ini dimungkinkan oleh amandemen UUD 1945 yang telah menambahkan Ayat 4 dan Ayat 5 di Pasal 33. Ayat 4, “Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi”, yang sesungguhnya bertabrakan dengan Ayat 1 hingga Ayat 3 karena menjadikan ekonomi Indonesia menjadi ekonomi bermazhab pasar bebas.
Karena itulah, saya percaya, kalau kita benar-benar ingin berjuang menuju negara sejahtera, kita harus lihat sumber penyakit kita apa, dan kita harus perbaiki sumber penyakit itu. Root trigger, atau akar permasalahan ekonomi kita ada di Pasal 33 yang telah diganti dan tidak dijalankan sepenuh hati.
Untuk memperbaikinya, kita harus kembalikan konstitusi kita ke naskah aslinya, versi 18 Agustus 1945. Dengan demikian ekonomi Indonesia akan dikuasai oleh rakyat Indonesia, dan negara akan punya tabungan untuk membangun.
Dengan demikian, para pimpinan, para tokoh politik yang sekarang hadir di tengah rakyat, bisa berhenti jadi pemimpi. Bisa berhenti jadi ‘pejuang akan’. Akan ini, akan itu, tapi tidak bisa berbuat banyak karena uangnya tidak ada. Kalau uangnya ada, akan ada banyak yang mereka bisa perbuat untuk Indonesia.

Source link

Berita populer

Semua Berita

Produk Buttonscarves Beauty meriahkan Shopee Big Ramadan Sale – ANTARA News

Industri kecantikan Indonesia terus berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, seiring...

Prabowo ke Presiden Xi tegaskan China mitra kunci RI jaga stabilitas

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menjelaskan kepada Presiden China Xi Jinping...

Startpage: Mesin Pencari Pesaing Google dan Yandex

Startpage adalah salah satu mesin pencari terbaik yang perlu digunakan. Mesin...

Apa Itu GApps dan Fungsinya? Ini Penjelasan Lengkapnya

Bagi Anda yang gemar mencoba berbagai Custom ROM di HP Android,...

Baca Sekarang

Produk Buttonscarves Beauty meriahkan Shopee Big Ramadan Sale – ANTARA News

Industri kecantikan Indonesia terus berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan tingginya permintaan produk kecantikan yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Popularitas berbagai tren make up dan perawatan kulit yang diperkuat oleh media sosial menjadi salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan ini. Tren-tren ini meningkatkan kreativitas dan...

Prabowo ke Presiden Xi tegaskan China mitra kunci RI jaga stabilitas

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menjelaskan kepada Presiden China Xi Jinping bahwa China adalah mitra kunci bagi Indonesia dalam menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan. Prabowo menegaskan komitmennya untuk memperkuat kemitraan antara kedua negara. Dalam pertemuan di Great Hall of the People, Beijing, China, Prabowo juga menyampaikan terima...

Startpage: Mesin Pencari Pesaing Google dan Yandex

Startpage adalah salah satu mesin pencari terbaik yang perlu digunakan. Mesin pencari ini sangat baik dalam menampilkan hasil pencarian seperti Google dan Yandex. Yang membuat Startpage istimewa adalah kehormatan privasi penggunanya. Kata kunci yang dimasukkan tidak akan disimpan, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang privasi mereka. Startpage adalah...

Apa Itu GApps dan Fungsinya? Ini Penjelasan Lengkapnya

Bagi Anda yang gemar mencoba berbagai Custom ROM di HP Android, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah "GApps". GApps adalah sekelompok aplikasi buatan Google yang harus dipasang secara terpisah setelah menginstal Custom ROM. Meskipun tidak diwajibkan, GApps sangat membantu untuk memaksimalkan penggunaan HP Android Anda. Bagi Anda...

Pulang Mudik ke Pati, Ipan dan Ipin Ditangkap Polisi

Lingkar.co – Sebuah sepasang saudara kembar dari Dukuh Bowong, Desa/Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati ditangkap oleh polisi setelah melarikan diri selama tiga bulan. Kedua pria berusia 21 tahun yang memiliki inisial AMA masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) unit Reskrim Polsek Sukolilo Polresta Pati karena terlibat dalam kasus pengeroyokan. Saudara kembar...

DCVI gelar layanan 24 jam untuk bus dan truk mudik Mercedes-Benz

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) mengadakan program Mercedes-Benz Bus Lebaran Roadshow 2024 selama periode 5 - 16 April untuk menghadapi lonjakan pemudik pada Lebaran tahun ini. Presiden Direktur DCVI, Naeem Hassim, menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk menciptakan mudik yang aman, nyaman, penuh keceriaan, dan bermakna. Program...

Mari Ber-“Sukacita” Mendengarkan Single Perdana Basemore Sebelum Rilis EP Mengudara

Basemore terbentuk dari pertengahan 2023 di Nanga Bulik, Lamandau dengan nama Punk-Kung. Kemudian beberapa personil sepakat untuk membentuk proyek baru yang diberi nama Basemore. Basemore pertama kali dikenalkan pada acara Punk You #1 bulan September 2023 di Luha Coffee. Nama Basemore sebenarnya plesetan kata besemor yang artinya...

Sebagian penderita penyakit autoimun juga hadapi depresi dan kecemasan

Studi terbaru yang dipublikasikan di Rheumatology mengungkapkan bahwa lebih dari 50 persen orang dengan penyakit autoimun juga mengalami depresi dan gangguan kecemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka jarang atau bahkan tidak pernah melaporkan masalah kesehatan mental yang mereka alami kepada penyedia layanan kesehatan. Melanie Sloan...

Ekspor mobil Korsel lampaui Rp158 triliun pada awal 2024

Ekspor mobil Korea Selatan selama dua bulan pertama tahun ini telah mencapai lebih dari 10 miliar dolar Amerika Serikat (Rp158,97 triliun), berdasarkan data industri otomotif. Data tersebut diterbitkan oleh Asosiasi Korea Automobile Manufacturers dan mencakup lima perusahaan manufaktur otomotif terbesar di negara tersebut, termasuk Hyundai Motor Co....

Dirut Garuda Diberi Pengingatan Mengenai Harga Tiket Pesawat oleh Menhub, Berikut Penjelasannya

Menteri Perhubungan Ingatkan Maskapai Penerbangan Soal Harga Tiket Pesawat Lebaran Senin, 1 April 2024 - 21:52 WIB Jakarta – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memperingatkan para maskapai penerbangan untuk mengikuti regulasi yang berlaku terkait penetapan harga tiket pesawat selama musim mudik Lebaran 2024. Menhub bahkan mengaku tak segan-segan menindak dan...

Ketua KPU RI lantik 80 anggota KPU dari 16 kabupaten/kota

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah melantik 80 anggota KPU dari 16 kabupaten/kota di empat provinsi se-Indonesia untuk periode 2024-2029. Pelantikan tersebut dilakukan oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, pada hari Senin. Sebelum melantik para anggota KPU, Hasyim Asy'ari menanyakan apakah mereka...

Cara Backup Kontak di HP Android

Kontak adalah informasi penting yang tersimpan di ponsel Android Anda. Dengan kontak, Anda dapat menghubungi teman, rekan kerja, atau orang-orang yang pernah Anda temui di gym. Untuk menjaga keamanan kontak Anda, penting untuk melakukan pencadangan data. Dengan melakukan pencadangan, Anda dapat mengembalikan semua kontak jika suatu saat ponsel...